Website counter

Jumat, 25 November 2011


Open  Office Writer
Open Office Writer adalah salah satu komponen dalam Open Office. yang berfungsi untuk mengedit dokumen adapun dokumen format yang bisa digunakan adalah .doc .odt .rtf dan bisa export ke .pdf dengan sekali klik.
Memiliki fitur pengolah kata modern seperti Auto Correct, Auto Complete, Auto Format, Styles and Formatting, Text Frames dan Linking, Tables of Contents, Indexing, Bibliographical References, Illustrations, Tables.
Program ini sangat mudah digunakan untuk membuat memo cepat, sangat stabil dan mampu untuk membuat dokumen dengan banyak halaman serta banyak gambar dan judul heading. Selain itu, kelebihannya adalah pengaturan formating untuk bullet and number yang sangat mudah (diatur terintegrasi melalui satu toolbar).

Open Office CALC
Open office Calc atau dikenal dengan sebutan CALC saja adalah Perangkat lunak pengolah data angka, teks ataupun formula numerik. Program ini memudahkan pengguna untuk memanipulasi data mentah yang biasanya berupa tabulasi data menjadi sebuah laporan data yang menarik dan mudah dipahami karena ditampilkan menjadi grafik yang menarik.

Presentasi Menggunakan OpenOffice

A.   Pendahuluan

Dalam membuat bahan presentasi, kita dapat menggunakan kombinasi text dengan gambar, animasi, foto, video, suara, musik, Dan efek-efek khusus untuk menyampaikan gagasan kita dalam bentuk presentasi yang kreatif. Presentasi multimedia yang menarik dan tidak membosankan sangat dibutuhkan untuk memperjelas gagasan yang kita sampaikan. Presentasi multimedia yang kreatif dapat dipergunakan untuk menyampaikan informasi produk-produk baru, event-event baru, promosi, materi perkuliahan, dan sebagainya.

Dalam pembuatan Presentasi ditempuh tiga langkah utama, yaitu: perancangan, pembuatan, dan penyampaian.
a.    Perancangan.
Langkah pertama dari segala sesuatu adalah menentukan apa yang akan kita kerjakan dalam presentasi kita. Perancangan menjadi langkah terpenting karena dari sinilah ide-ide dan bahan-bahan presentasi dikumpulkan.
b.    Pembuatan Presentasi.
Pada langkah inikita tinggal memakai hasil rancangan kita dan menyusun animasi sesuai dengan perancangan kita.
c.    Penyampaian Presentasi.
Dalam langkah penyampain, tentunya dibutuhkan penguasaan terhadap materi yang akan disampaikan.

OpenOffice.org Impress merupakan program yang dikembangkan oleh OpenOffice.org untuk membuat presentasi (slide show). Impress memberikan berbagai fitur dan fasilitas yang mempermudah para pembuat presentasi dalam mengembangkan presentasi multimedia yang kreatif. Anda dapat membuat slide-slide yang memuat berbagai macam objek, seperti text, table, clip art, chart, bitmap, video dan sebagainya.
Halaman Utama Impress berupa sebuah jendela (window) yang terdiri dari tiga buah bagian (kaca/pane), yaitu: Slide pane, Workspace, dan Tasks Pane.  Namun demikian, Anda dapat menambahkan beberapa toolbar yang ada untuk mempermudah dalam pembuatan presentasi.

a.    Slide pane
Bagian Slide pane memuat gambar slide-slide dalam presentasi Anda menurut urutan yang normal. Slide yang Anda pilih (click) akan muncul dalam bagian Workspace. Beberapa operasi yang dapat Anda lakukan terhadap slide-slide yang ada dalam Slide pane, antara lain: menambah slide, menghapus, member nama, mengkopi atau pun memindahkan. Misalkan Anda ingin memberi nama sebuah slide, maka lakukan click-kanan pada slide Anda dan pilih Rename slide, dan isikan nama slide yang Anda inginkan. Selain itu, Anda juga dapat mengubah transisi slide, urutan slide, desain slide, dan layout slide.

b.    Workspace
Workspace merupakan tempat untuk mengerjakan presentasi setiap slide. Bagian Workspace memuat 5(lima) bagian, yaitu:
·    Normal, sebagai halaman utama untuk menampilkan slide yang sedang dibuat
·    Outline, untuk menampilkan kerangka judul dan subjudul presentasi dari slide
·    Notes, untuk menampilkan catatan tambahan yang Anda buat
·    Slide Sorter, untuk menampilkan beberapa slide sekaligus dalam urutan yang yang sesungguhnya
·    Handout, untuk menampilkan hasil cetakan slide-slide dalam bentuk handout yang bias terdiri dari satu, dua, tiga, empat atau enam slide per halaman.

c.    Tasks pane
Dalam bagian Tasks pane terdapat 5 (lima) bagian, yaitu:
 Master pages, untuk menentukan model desain presentasi
·    Layout, untuk menentukan tata letak elemen-elemen/objek presentasi
·    Table Design, untuk menentukan model desain tabel yang diinginkan
·    Custom Animation, menyediakan berbagai animasi objek-objek yang ada dalam slide
·    Slide Transition, menyediakan beberapa animasi untuk peralihan dari satu slide ke slide yang lain.

Openoffice.Org Base atau dikenal dengan sebutan BASE saja adalah Perangkat lunak untuk memanipulasi dan memanajemen database. Pembuatan input data, sekaligus memanipulasi dan membuat laporannya dapat dikerjakan dengan BASE ini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar